Ganjar Pranowo Tandatangani Nota Kesepakatan Dengan Kemenkumhan jateng

Ganjar Pranowo Tandatangani Nota Kesepakatan Dengan Kemenkumhan jateng
Penandatanganan Nota Kesepakatan Sinergi Program Pengembangan Kompetensi ASN Provinsi Jawa Tengah

SEMARANG - Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah terkait  Sinergi Program Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara di Provinsi Jawa Tengah. 

Kerjasama tersebut tertuang dalam Nota Kesepakatan yang ditandatangani oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM, Asep Kurnia dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo hari ini, Senin (29/11/2021).

Prosesi penandatanganan berlangsung di Graha Yasonna H Laoly, Balai Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Hukum dan HAM Jawa Tengah.

Kepala BPSDM Hukum dan HAM mengatakan, Kemenkumham punya tanggung jawab terhadap pengembangan SDM, bukan hanya di lingkup internal Kementerian, namun juga eksternal.

"Bahwa Kementerian Hukum dan HAM harus concern dan fokus pada pengembangan SDM terutama di bidang hukum dan HAM. Dan tidak hanya di Kementerian Hukum dan HAM, tapi juga Kementerian, Lembaga Negara lainnya dan Pemerintah Daerah", katanya saat memberikan sambutan.

Asep juga menyampaikan, Nota Kesepakatan ini merupakan respon Kemenkumham atas keinginan Gubernur Jawa Tengah yang menginginkan adanya kerja sama dalam rangka pelatihan Hukum dan HAM yang bersifat teori. Sekaligus upaya memfasilitasi keinginan Pemerintah Daerah dalam Pembangunan Hukum.

Dia juga mengharapkan, Nota Kesepakatan ini akan menjadi pedoman pelaksanaan kerjasama kedua belah pihak.

"Tentunya dengan nota kesepakatan ini akan semakin memperjelas apa yang harus kami lakukan dari Kementerian Hukum dan HAM,  apa yang harus juga dilakukan oleh Pemerintah Daerah. Saya kira ke depan kita memang harus berkolaborasi", imbuhnya sebelum menutup sambutan.

Sementara Gubernur Jawa Tengah, membuka sambutan dengan memberikan gambaran umum kondisi Jawa Tengah terkini, khususnya terkait masalah hukum.

Dia banyak bercerita tentang keinginan masyarakat dari berbagai lapisan mengenai regulasi dan kepastian hukum.

"Yang saya ceritakan ini, mudah-mudahan nanti bisa digoreng (dibahas) di sini. Di sini digoreng, bertahap. Jadi mungkin dari Badan Diklatnya  atau dari kami", katanya mengungkapkan harapan dari penandatanganan Nota Kesepakatan tersebut.

Ganjar juga memberikan pujian terhadap Badiklat Kumham Jateng karena memiliki gedung yang representatif guna menunjang berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan.

"Yang kedua tempat ini kan tempatnya bagus sekali, bisa dioptimalkan untuk apapun, penerimaan CPNS, CAT, kita bisa bekerjasama", ujar Ganjar

"Saya menyampaikan terima kasih, Pak Asep, Pak Yus, mudah-mudahan kerjasama ini bisa berjalan dan PR masih banyak. Memang kita harus antisipatif, makin hari makin tidak mudah kondisinya", pungkasnya.

Sebelumnya, selaku tuan rumah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, A Yuspahruddin lebih dulu memberikan pandangan terkait penandatanganan ini.

Dia mengungkapkan tujuan dari Nota Kesepakatan ini adalah terselenggaranya Program Pengembangan  Kompetensi Aparatur Sipil Negara di Provinsi Jawa Tengah, dengan ruang lingkup meliputi, Pelatihan/ workshop/ seminar/ Focus Group Discussion (FGD), sertifikasi kompetensi, penyediaan fasilitator dan penggunaan sarana dan prasarana belajar.

"Rencana Kerja sebagai tindaklanjut Nota Kesepakatan akan dilaksanakan oleh Balai Diklat Hukum dan HAM dan Perangkat Daerah Terkait", ungkapnya saat memberikan laporan sekaligus sambutan selamat datang.

Kakanwil berharap, dari kegiatan ini akan terjadi hubungan simbiosis mutualisme yang hebat antara Kementerian Hukum dan HAM dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, khususnya dalam hal pengembangan Sumber Daya Manusia.

"Menjadi media bagi kedua belah pihak untuk saling bertukar informasi, berbagi referensi serta berkolaborasi mencerdaskan Bangsa dan Negara", ujarnya menambahkan.

Terakhir, Yuspahruddin mengajak semua pihak untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia, mencerdaskan kehidupan bangsa dan menegakan Supremasi Hukum di Negara Indonesia. 

Rangkaian kegiatan ditutup dengan penanaman pohon sebagai upaya penghijauan di area Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah.

Hadir pada kegiatan itu, Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementerian Hukum dan HAM, Direktur Fasilitasi Perancangan Peraturan Daerah dan Pembinaan Perancang Peraturan Perundang-undangan Direktorat Jenderal Perundang-undangan, Kepala Biro Kerjasama dan Kepala Biro Hukum Provinsi Jawa Tengah.

Tampak juga Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, Pimti Pratama BPSDM Hukum dan HAM, dan Kantor Wilayah Jawa Tengah, para Kepala Balai Diklat baik dari Internal Kemenkumham dan Daerah Provinsi Jawa Tengah, serta Kepala UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jateng se-kota Semarang.

(JiS: N.SoN/***)

Sukabumi Jabar Kemenkumhan jateng Semarang Jawa tengah
Narsono Son

Narsono Son

Previous Article

Kapolda Jateng Apresiasi Semua Pihak, Gelaran...

Next Article

Kemenkumhan Jateng Catat Rekor Sejarah,...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 201

Postingan Tahun ini: 201

Registered: Jul 16, 2020

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 195

Postingan Tahun ini: 195

Registered: Aug 19, 2021

Ayu Amalia

Ayu Amalia

Postingan Bulan ini: 150

Postingan Tahun ini: 150

Registered: Nov 25, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 129

Postingan Tahun ini: 129

Registered: Jul 9, 2020

Profle

Muh. Ahkam Jayadi verified

Polres Barru Amankan 2 Wanita Terduga Pengedar Uang Palsu
Kebakaran di Mangkoso, 1 Tewas dan Kerugian Ditaksir Rp800 Juta
Polresta Banyuwangi Gelar Olah TKP di Heroes Cafe Pasca Penggerebekan Tarian Striptis

Follow Us

Recommended Posts

Gerai Polres Magelang Suntikkan 38 Vaksin Booster Khusus Anggota Polri
153 Warga Desa Karanganyar Akan Terima BLT DD
Antisipasi DBD, PSN di Kemangkon Digalakkan
Aparat Gabungan Lakukan Penyekatan Diperbatasan Antara Cilacap Dan Kebumen
Kunjungi Polda Jateng, Korlantas Polri Harapkan Penerapan ETLE di Jateng Ditiru Polda Lain